Berita pujasintara

Songsong Era Revolusi Industri 4.0, Perpusnas Sosialisasikan Portal Web Kerja Sama Perpustakaan

Image

Seiring perkembangan zaman, dunia industri dari generasi ke generasi mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat signifikan. Mulai dari zaman Industri yang menggunakan tenaga manusia (SDM), berlanjut ke zaman automasi yang sebagian besar digerakan oleh robot dan komputer, dan sekarang ini dihadapkan dengan era industri berlandaskan Internet of Things dan Artificial Intelegence, yang dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0.

Saat ini banyak sekali tokoh publik yang menyerukan agar kita tidak tertinggal dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0, yang semua benar-benar digerakan dengan cepat karena akses internet yang tidak terbatas dan mudah dijangkau. Semua berlomba menyambut dan menyongsong revolusi Industri ini, salah satunya Perpustakaan Nasional (Perpusnas) khususnya Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Sub Bidang Kerja Sama Perpustakaan (KSP). KSP menyelenggarakan Seminar dan Sosialisasi Portal Jaringan Kerja Sama Perpustakaan yang diadakan pada 24 Oktober 2019 lalu di Jakarta.

Dalam seminar tersebut, Firman Ardiansyah selaku pembicara optimis menyampaikan bahwa semua dampak yang terjadi kedepannya bisa diatasi selama ada kerja sama untuk menghadapi dampak tersebut dan selama masih sesuai dengan tujuan. “Jika sudah melakukan kerja sama, pasti kita punya tujuan, apa yang kita nilai adalah dari tingkat tercapainya tujuan tersebut. Barulah kita bisa menelaah masalah apa yang menghambat dan dampak jika tidak diterapkannya kerja sama terhadap pencapaian tujuan”, tuturnya. Selain itu juga, Firman mengimbau para pustakawan sebagai pembangun koneksi antar mitra untuk bisa menghimpun data dan menjaga ekosistem yang sudah dibangun.