Berita pujasintara

Berbagi Membangun Zona Integritas Mencapai Predikat WBK

Image

12 April 2020 – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Sharing Knowledge dengan tema Strategi Membangun dan Mendapatkan Predikat WBK. Acara ini diselenggarakan dalam persiapan ANRI membangun zona integritas untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Perpustakaan Nasional dalam hal ini Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara mendapatkan kehormatkan untuk mengisi acara tersebut. Pusat Jasa pada tahun 2020 mendapatkan predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar dan UPT Perpustakaan Proklamatro Bung Hatta di Bukittinggi.

Berdasarkan surat nomor PW.02/104/2021 dari ANRI yang ditujukan kepada Inspektur Perpustakaan Nasional RI, Pusat Jasa berkesempatan untuk berbagi pengalaman. Pustakawan yang mendapatkan tugas adalah Arief Wicaksono dan Indah Ekaputri. Acara yang didahului dengan pengecekan Covid-19 di tempat acara, yaitu Hotel Mandarin Oriental. Setelah dinyatakan negatif atas virus Covid-19, maka kedua pustakawan yang mendapatkan tugas mengikuti jalannya acara. Satu auditor dari Inspektorat Perpustakaan Nasional RI yang mendapatkan tugas yang sama berhalangan hadir karena harus mengikuti pelaksanaan vaksin pertama di kantor Jl. Salemba Raya.

Sharing Knowledge selain mengundang narasumber dari Perpustakaan Nasional juga mengundang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN). Pada kesempatan sharing, Arief Wicaksono menyatakan kunci sukses dari pembangunan zona integritas adalah pada agen perubahan yang bergerak untuk mengingatkan pimpinan dan seluruh pegawai untuk bersama-sama melakukan perubahan, bersama-sama melakukan revolusi mental, dan bersama-sama memperbaiki melalui reformasi birokrasi. Sementara Indah Ekaputri menambahkan bahwa hasil dari pelaksanaan reformasi birokrasi adalah pelayanan publik yang prima yang dilakukan melalui berbagai inovasi yang terus dibuat.

Lihat berita dari ANRI:

ANRI Selenggarakan Sharing Session Strategi Membangun dan Mendapatkan Predikat Wilayah Bebas Korupsi