Tanya Pustakawan atau Ask a Librarian adalah layanan dari Perpusnas yang hadir untuk masyarakat sejak 17 Maret 2020. Pada layanan ini masyarakat dapat mengajukan pertanyaan kepada pustakawan Perpusnas RI berupa bantuan penelusuran data, penelusuran informasi, dan penelusuran literatur. Tanya Pustakawan dikenal juga dengan nama Layanan Referensi. Pustakawan referensi akan menjawab dengan koleksi Perpustakaan Nasional RI dan juga dari sumber lainnya.


Tanya Pustakawan dapat dilakukan melalui:


e-Mail dengan alamat layanan_referensi@perpusnas.go.id

Livechat di web perpusnas.go.id (dibalas secara realtime)


Jadwal Tanya Pustakawan:


Tanya Pustakawan via e-Mail

Senin – Kamis, 09.00 – 15.00 WIB

Jumat, 09.00 – 15.30 WIB


* e-Mail dibalas dalam waktu 1×24 jam

** e-Mail yang masuk di hari sabtu-minggu, libur nasional, dan cuti bersama akan dibalas di hari kerja berikutnya



Tanya Pustakawan via Livechat

Jam Layanan Reguler 

Senin – Kamis, 09.00 – 15.00 WIB

Jumat, 09.30 – 15.30 WIB


Tambahan Jam Layanan (Khusus Livechat)

Senin – Kamis, 16.00 – 20.00 WIB

Jumat, 16.15 – 20.00 WIB

Sabtu & Minggu 09.00 – 15.00 WIB


* Hari libur nasional & cuti bersama layanan livechat TUTUP



Jenis-jenis pertanyaan yang dapat dijawab oleh layanan tanya pustakawan:

  • Penelusuran referensi seperti ebook dan ejournal
  • Pengajaran penelusuran informasi / referensi
  • Pengajaran / Informasi seputar akses fasilitas dan layanan pada gedung layanan Perpusnas
  • Bantuan pengecekan nomor keanggotaan, kendala peminjaman koleksi, dan kendala akses e-resources/ Khastara/ iPusnas


Jenis-jenis pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan oleh layanan tanya pustakawan:

  • Pertanyaan seputar ISBN dan e-Deposit
  • Pertanyaan seputar Nomor Pokok Perpustakaan (NPP)
  • Pertanyaan seputar kendala diklat kepustakawanan
  • Pertanyaan seputar akreditasi perpustakaan


Tanya Pustakawan dikelola oleh Layanan Referensi Virtual, klik disini untuk mengetahui lebih lanjut seputar layanan referensi virtual.




*Update 2 Mei 2023