Berita pujasintara

Cara Pengembalian Koleksi Lewat Anjungan Pengembalian Mandiri (Bookdrop)

Image

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) kembali membuka peminjaman koleksi umum terhitung mulai Senin, 22 Juni 2020. Sudah lebih dari setahun kebijakan tersebut berjalan, turut serta mempengaruhi inovasi layanan Perpusnas, terutama dalam hal pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK). Salah satu inovasi yang dihadirkan untuk memberikan layanan yang semakin modern bagi sahabat Perpusnas adalah adanya Anjungan Peminjaman Mandiri (APM) atau bisa disebut bookdrop. Dengan alat ini, sahabat Perpusnas yang melakukan peminjaman koleksi dapat mengembalikan koleksi yang dipinjam tanpa harus masuk ke lantai layanan. Selain itu juga, pengembalian melalui APM dapat dilakukan setiap hari selama 24 jam. 

Lokasi APM sendiri terletak pada timur lobby plaza (dekat ATM Center) gedung fasilitas layanan Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat. Terdapat 3 buah APM yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk salah satunya berbentuk drive thru sehingga sahabat Perpusnas yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu turun dari kendaraannya untuk mengakses APM. Pengembalian koleksi lewat APM pun, tidak membutuhkan kartu anggota, hanya diperlukan koleksi yang akan dikembalikan saja. Agar lebih memahami cara mengembalikan koleksi lewat APM, silahkan ikuti langkah-langkah berikut. 

  1. Masuk ke gedung Perpusnas dan menuju timur lobby plaza (bisa minta diarahkan oleh security
  2. Ada 2 jenis APM, pilih salah satu yang ingin digunakan (drive thru dan non-drive thru
  3. Tampilan awal APM atau bookdrop akan seperti ini, lalu tekan Buka Pintu pada layar.
  4. Tampilan akan berubah dan pintu pengembalian buku akan terbuka.
  5. Masukan satu per satu buku yang ingin dikembalikan, kemudian cek status bukunya terdeteksi di layar atau tidak.
  6. Jika semua buku yang ingin dikembalikan sudah masuk dan terdeteksi di layarklik Cetak Tanda Terima.
  7. Ambil dan simpan tanda terima sebagai bukti pengembalian.
  8. Selesai


Pastikan untuk menyimpan bukti pengembalian koleksi, lalu cek apakah buku statusnya sudah berubah dikembalikan dengan login) di laman situs keanggotaan.perpusnas.go.id. Jika terjadi kendala saat mengecek di laman situs keanggotaan Perpusnas, silakan datangi petugas ke lantai layanan koleksi yang dipinjam atau bisa hubungi lewat livechat di laman perpusnas.go.id dan email [email protected].


Reportase: Achmad Riyadi Alberto