Berita pujasintara

Elsevier Gandeng Perpusnas Sosialisasi Akses eBook di ScienceDirect via e-Resources Perpusnas

Image

Buku merupakan salah satu sumber informasi, dalam perkembangannya buku tidak hanya berbentuk tercetak tetapi juga dalam bentuk digital atau yang kerap disebut ebook. Pada dasarnya fungsi ebook tetap sama seperti buku cetak biasa, sebagai media informasi dan pengungkapan gagasan atau ide baru. Hanya saja kini dikemas dalam berkas yang mudah dibawa dan tidak dapat disentuh seperti buku cetak. Kita bisa membawa ebook secara praktis dan mudah karena bisa diakses melalui gadget. Kita hanya perlu menyalakan perangkat elektronik kemudian membuka berkas yang diinginkan. Selama kita memegang perangkat elektronik itu, kita bisa membawa ratusan bahkan ribuan buku elektronik dengan mudah.

Saat ini sudah banyak penerbit ebook berbahasa Inggris. Namun, bagi sebagian orang harga ebook masih belum terjangkau. Selaras dengan permasalahan ini, kemudian muncul upaya menyebarluaskan informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan menyediakan layanan sumber-sumber informasi digital berbasis web berisi koleksi-koleksi terbitan dalam dan luar negeri yang dibeli dan dilanggan yang dikenal dengan e-resources. Portal e-resources Perpusnas berisi berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal, ebook, dan karya-karya referensi online lainnya yang dilanggan oleh Perpusnas yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang bergabung menjadi anggota Perpusnas RI.

e-Resources Perpusnas menyediakan beberapa database online yang berisi kumpulan jurnal online dan ebook. Salah satu database jurnal dan ebook yang dilanggan oleh Perpusnas adalah Science Direct yang merupakan salah satu produk dari Elsevier. Seperti yang kita ketahui, Elsevier merupakan salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis terbesar di dunia dan perusahaan teknologi yang didirikan tahun 1880. Jumlah ebook Science Direct yang dilanggan oleh Perpusnas pada tahun 2021 sendiri sebanyak 386 judul. Namun, dengan jumlah ebook yang sudah cukup banyak dilanggan oleh Perpusnas ini belum diimbangi dengan pemanfaatannya. Masih banyak masyarakat pengguna yang belum memanfaatkan ebook Science Direct karena belum tahu cara menelusur ebook tersebut.

Bersama dengan hal tersebut, Perpustakaan Nasional RI bersama Elsevier mengadakan webinar bertajuk “Advancing your Research and Learning using ScienceDirect eBook” pada Jumat, 29 Oktober 2021 pukul 13:30 WIB. Acara ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dengan peserta kurang lebih sebanyak 220 peserta. Acara dibuka dengan penjelasan singkat mengenai Elsevier, yang salah satu produknya adalah Science Direct oleh Bapak Johan Jang, konsultan dari Elsevier. Kemudian acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai cara mengakses ebook Science Direct melalui akun keanggotaan Perpusnas oleh Pustakawan Layanan Referensi Virtual Perpusnas, Nofa Ade Kurniawan. Agar dapat mengakses ebook Science Direct melalui laman e-resources.perpusnas.go.id, terlebih dahulu harus memiliki nomor anggota Perpusnas yang bisa didapat dengan cara mengisi formulir pada web keanggotaan.perpusnas.go.id. Kemudian untuk mengakses ebook Science Direct kita hanya perlu login di e-resources.perpusnas.go.id dengan menggunakan nomor anggota dan password yang sudah didaftarkan pada formulir pendaftaran keanggotaan sebelumnya. Setelah login kita bisa scroll ke bawah sampai menemukan tulisan Science Direct dan klik “Tautan” yang tersedia.

Setelah penjelasan dari pustakawan Perpusnas, acara dilanjutkan dengan penjelasan lebih detail dari Bapak Johan mengenai apa itu ebook Scince Direct, mengapa harus menggunakan ebook Science Direct, serta cara mencari, membaca, dan mengunduh ebook Science Direct. Bagi Sahabat Perpusnas yang ingin menyaksikan kembali webinar ini bisa akses tautan berikut:  https://elsevier.zoom.us/rec/share/R67xx5BdP9NW6cKz6MzuQ2iVUTgohydsUpkIgXwGwfYUekYmgxUrBKSJucYO_46T.iGMNUfhRci6_WDnp.

Passcode: a*WmLhS8

Bagi Sahabat Perpusnas yang sudah mengikuti acara tersebut dan ingin mengunduh sertifikat webinar ini bisa akses tautan berikut:

Mari kita maksimalkan pemanfaatakan e-resources yang sudah dibeli dan dilanggan oleh Perpusnas RI untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia.