Berita pujasintara

Layanan Anak Perpusnas Dukung Tercapainya SDGs

Image

Perpustakaan memiliki peran penting dalam mendukung pencapaian tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 melalui penyediaan akses terhadap informasi dan pengetahuan kepada seluruh lapisan masyarakat. SDGs 2030 mengamanatkan untuk memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang, yang tercermin pada poin nomor 4 dari 17 poin yang terdapat pada SDGs 2030. Perpustakaan Nasional dalam hal ini mengambil peran penting dalam pencapaian tujuan dari SDGs dengan menyediakan Layanan Anak sebagai wadah belajar yang ramah anak.


“By 2030, ensure that all girls and boys have access to quality early childhood development, care and pre-primary education so that they are ready for primary education” merupakan target 4.2 yang dicanangkan oleh PBB melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pada tahun 2030 diharapkan seluruh anak Indonesia mendapatkan akses yang tepat terhadap pengembangan, pengasuhan dan pendidikan anak usia dini yang berkualitas sehingga mereka siap untuk pendidikan dasar. Hal ini sejalan dengan Layanan Anak yang disediakan oleh Perpusnas dalam memfasilitasi anak-anak belajar sejak dini sehingga dapat mempersiapkan mereka ke jenjang pendidikan formal.


Layanan anak di Perpusnas memiliki ruang baca yang nyaman dan penuh warna bagi anak-anak. Layanan ini dilengkapi dengan koleksi buku yang beragam seperti komik, cerita rakyat, board book, dan lain-lain. Saat ini Layanan Anak Perpusnas tercatat memiliki koleksi sekitar 10.459 judul dan 31.900 eksemplar. Selain memiliki koleksi buku, layanan ini juga memiliki aktivitas rutin demi menunjang kreatifitas anak, diantaranya:  kegiatan storytelling, sulap edukatif dan aplikasi Smart Bee. 


Bagi pengunjung atau pemustaka yang ingin mengunjungi layanan ini baik secara pribadi maupun rombongan dapat langsung menuju ke Layanan Anak yang berada di lantai 7 Perpusnas, Jalan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat. Namun, apabila pemustaka ingin berkunjung secara rombongan, baik dari sekolah ataupun instansi, pemustaka dapat berkoordinasi dengan tim Kunjungan Perpusnas dengan menghubungi narahubung berikut Ibu Erni/Ibu Resti +62857-7771-7684 atau melalui email layanan_kunjungan@mail.perpusnas.go.id. Adapun jam operasional untuk layanan ini dimulai dari pukul 08:00 hingga 16:00 pada Senin - Jumat. Tentunya pemustaka tidak perlu khawatir karena layanan ini tidak dipungut biaya apapun.