Berita pujasintara

Perpusnas Luncurkan Layanan Referensi Virtual via Livechat

Image

Globalisasi pada saat ini terbukti telah mengubah cara dan metode masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pengaruh ini juga berimbas kepada perpustakaan, terutama dalam layanan perpustakaan yang saat ini dituntut untuk memanfaatkan TIK dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Hal ini tertuang pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Pasal 14 ayat 3 menyatakan bahwa “Setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Maka dari itu, pemanfaatan TIK di perpustakaan pada masa sekarang ini menjadi salah satu hal yang penting dalam mengembangkan layanan perpustakaan.

Senada dengan hal tersebut, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kemudian meluncurkan Tanya Pustakawan Virtual via livechat pada Selasa, 17 Maret 2020. Tanya Pustakawan Virtual merupakan bentuk pengembangan layanan Perpusnas dengan memanfaatkan TIK untuk mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Layanan ini hadir sebagai bentuk implementasi dari orasi pustakawan utama Perpusnas, Dra. Fathmi, SS. tentang pengembangan layanan referensi virtual di Perpusnas agar layanan Perpusnas dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara lebih luas. Layanan ini juga sangat sesuai dengan kondisi Indonesia yang tengah menghadapi pandemi virus Covid-19.

Pada layanan ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan interaksi dengan pustakawan secara daring dan realtime lewat chatbox di website perpusnas.go.id. Masyarakat dapat bertanya atau berkonsultasi seputar penelusuran literatur/ informasi/ data yang dibutuhkan dalam pembelajaran atau untuk memenuhi kebutuhan informasi atau tugas yang sedang dikerjakan. Selain itu, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan terhadap layanan yang diberikan oleh Perpusnas pada layanan ini. Pesan akan direspon secara realtime dengan waktu respon pertama maksimal 5 menit sejak masyarakat/pengunjung klik tombol mulai obrolan.

Pustakawan yang bertugas pada layanan ini adalah pustakawan dari berbagai kelompok layanan yang ada di Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpusnas. Layanan ini dapat diakses oleh masyarakat pada hari dan kerja seperti yang tertera pada halaman Tanya Pustakawan. Hadirnya layanan ini diharapkan dapat memperluas jangkauan dan akses layanan Perpusnas oleh masyarakat Indonesia dimanapun tanpa harus berkunjung langsung ke gedung layanan Perpusnas.