Berita pujasintara

Perpustakaan Nasional berpartisipasi dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional

Image

Perpustakaan Nasional RI berpartisipasi dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Acara diselenggarakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan pada hari Selasa, 23 Juli 2019. Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA dan Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah. 

Acara Peringatan Hari Anak dimeriahkan dengan banyak stan. Perpustakaan Nasional mengisi stan pendidikan bersama dengan Sekolah Ramah Anak dari SMAN 3 Makassar. Stan Perpustakaan Nasional mengambil konsep Pojok Baca. Perpustakaan Nasional berkomitmen untuk membangun generasi cerdas melalui kearifan budaya nusantara. Stand Perpustakaan Nasional bertemakan pojok baca. Buku anak, media pembelajaran atraktif anak disajikan dengan kegiatan mendongeng. Pojok baca ini merepresentasikan perpustakaan sebagai institusi yang aktif mengembangkan literasi anak. Stan Perpustakaan Nasional juga memamerkan buku anak, buku pelajaran anak, dan majalah pendidikan langka. Hal ini merepresentasikan Perpustakaan Nasional sebagai institusi pendayagunaan khazanah budaya nusantara dengan tidak melupakan sejarah dan apa yang telah terjadi di masa lalu untuk menjadi pembelajaran di masa kini dan masa yang akan datang. Komitmen membangum generasi cerdas dilakukan melalui penyediaan bahan bacaan yang berkualitas dan secara kuantitas cukup untik didayagunakan oleh masyarakat Indonesia. Pojok buku di stan Perpustakaan Nasional adalah representasi untuk itu semua.

Selain itu, Perpustakaan Nasional menyumbangkan 2000 eksemplar buku komik keluaran Perpustakaan Nasional. Buku komik tersebut terdiri atas tiga judul yaitu I La Galigo, Pangeran Diponegoro, dan Patih Gadjah Mada. Buku komik tersebut dibagikan saat acara pada tanggal 23 Juli tersebut. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryanti yang mewakili Kepala Perpustakaan Nasional dalam acara tersebut mengatakan, “Perpustakaan Nasional adalah lembaga yang peduli dengan pendidikan anak. Layanan Perpustakaan Nasional yang diselenggarakan di gedung baru menyediakan layanan khusus untuk layanan anak. Perpustakaan Nasional memberikan hibah buku anak kepada pegiat literasi, Taman Bacaan Masyarakat. Belum lama ini Perpustakaan Nasional membagikan buku anak di beberapa titik untuk para pemudik. Perpustakaan Nasional sebagai pembina perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah, mendorong pengembangan perpustakaan sekolah berdasarkan standar perpustakaan sekolah yang telah ditetapkan Kepala Perpustakaan Nasional. Dan masih banyak lagi kegiatan Perpustakaan Nasional yang peduli dengan pendidikan anak.”