Berita pujasintara

Perpustakaan Nasional RI Hadirkan Ask a Librarian

Image

Layanan Perpustakaan Nasional RI terus berinovasi, kali ini dengan menghadirkan ask a librarian melalui fitur livechat di portal perpusnas.go.id. Fitur livechat ini hadir sebagai salah satu inovasi untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan akses dan informasi seputar Perpustakaan Nasional RI. Dalam fitur livechat yang tersedia masyarakat dapat menanyakan berbagai hal yang tersedia di Perpustakaan Nasional RI seperti penelusuran koleksi, informasi kunjungan, informasi magang atau pelatihan, informasi keanggotaan, dll yang akan langsung ditanggapi oleh Agen-Agen yang menjawab informasi sesuai dengan bidangnya. Fitur ini merupakan salah satu bagian dari pengembangan layanan yang dihadirkan langsung oleh Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional RI yang dinamai Layanan Referensi Virtual.

Layanan referensi virtual merupakan layanan personal untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhan informasi pemustaka dimana pustakawan dan pemustaka tidak berada di tempat yang sama ketika berinteraksi. Dasar hukum dari pelaksanaan layanan referensi virtual adalah Pasal 14 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang berisi tentang pemberian layanan perpustakaan secara prima dan berorientasi kepada kepentingan pemustaka. Sehingga dengan adanya layanan referensi virtual masyarakat Indonesia akan semakin mudah mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat langsung dari Perpustakaan Nasional RI dan pemustaka yang berlokasi jauh dari gedung fasilitas layanan Perpustakaan Nasional RI juga dapat mendapatkan layanan yang sama baiknya dengan masyarakat yang datang langsung ke perpustakaan.

Selain melalui fitur livechat, layanan referensi virtual juga dilayani via alamat email [email protected]. Pertanyaan-pertanyaan seputar referensi seperti penelusuran data, penelusuran informasi, penelusuran bahan perpustakaan, dan pengajaran penelusuran baik secara onsite maupun secara online dapat ditanyakan lewat email tersebut yang nantinya akan dibalas langsung oleh Pustakawan Referens Perpustakaan Nasional RI. Dengan adanya email layanan referensi dan fitur livechat tersebut, diharapkan masyarakat akan dapat lebih maksimal dalam mendapatkan informasi baik tentang layanan Perpustakaan Nasional RI maupun informasi-informasi lain yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhannya. (Achmad Riyadi Alberto)