Berita pujasintara

Dari Sulut Bercerita Libtalk Kembali Hadir Berbagi Cerita

Image

Libtalk kembali hadir di sesi 1 di tahun 2021, tema yang diusung kali ini adalah “Dari Sulut Bercerita : Bagaimana terhubung dengan Indonesia One Search” tema ini diangkat untuk berbagi cerita bagaimana perpustakaan di bagian Indonesia Timur dapat terhubung dengan Indonesia One Search. Acara yang berlangsung ada hari Rabu, 17 Maret 2021 tepat di buka pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari Sub Koordinator Layanan Referensi, Monografi Berkala Mutakhir dan Multimedia Bapak Arief Wicaksono, S.Hum., M.Hum. Pada sambutannya beliau berpesan agar Libtalk dapat terus berjalan berkelanjutan dengan menghadirkan tema atau topik yang dapat diikuti dari seluruh penjuru Indonesia. 

Dari Sulut Bercerita mengahdirkan narasumber Victor E Ohoiwutun, S.Sos selaku Kepala Perpustakaan UPT UNIKA De La Salle dari Manado Sulawesi Utara dan dipandu dengan moderator Bapak Hendro Wicaksono dari Developer SLiMS. acara yang berlangsung selama dua jam diawali dengan Moderator memberikan wawasan tentang Indonesia One Search dan macam-macam aplikasi di perpustakaan yang dapat dimanfaatkan dan terhubung. aplikasi-aplikasi tersebut dibuat untuk membantu pustakawan memudahkan pendataan dan pembuatan laporan yang data tersebut dapat digunakan untuk kelangsungan perpustakaannya. Victor juga berbagi pengalamannya bagaimana perkembangan teknologi informasi di perpustakaannya, dengan cerita berlanjut dari perpustakaannya diawali dengan mengonlinekan OPAC berlanjut kepada pembentukan repository universitas hingga bergabung ke jejaring database dan Indonesia One Search. untuk melakukan hal tersebut banyak upaya yang harus dilakukan apalagi mengawali dari awal, sebagai kepala perpustakaan Victor berbagai inspirasi apa saja yang telah dilakukannya seperti Komponen yang sangat berpengaruh dalam perkembangan di Perpustakaan Unika De La Salle yang ada lima yaitu Pengguna, Pimpinan, Sumber Daya Manusia, Fasilitas dan Do it!. kelima unsur ini yang dilakukan, mulai dari melihat trend dan kebutuhan pengguna perpustakaan, bagaimana seorang pemimpin membawa arah tujuan perpustakaannya hingga upaya melobi beberapa pihak agar dapat mengembangkan perpustakaannya, didukung dengan staff yang terus dikembangkan skillnya hingga pengembangan fasilitas yang ada dan yang terakhir lakukan sekarang! jangan tunda lagi, untuk dapat lebih baik dalam membangun kita harus mulai dari dari sekarang. Bapak Hendro Wicaksono, selaku moderator juga memberikan sedikit ilmu tentang penggunaan aplikasi perpustakaan hingga dapat digabungkan pada satu pintu seperti Indonesia One Search.

Acara Libtalk ini berkahir pada pukul 11.00 WIB dengan dihadiri dari seluruh Indonesia melalui media Zoom dengan jumlah mencapai 780 peserta. Lib Talk akan hadir kembali pada bulan April dengan tema berbagi Ilmu kembali dengan topik yang ringan dan berwawasan.