Berita pujasintara

Jelajah Literasi di SD Negeri Kramat Jati

Image

Program Terpadu Jelajah Literasi Nusantara (Protap Jelita) kembali dilaksanakan pada tanggal 24 April 2024. SD Negeri 03 Tengah Kramat Jati menjadi sekolah tempat diselenggarakan kegiatan yang dibuat oleh Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Sekolah ini menjadi tempat kedua diselenggarakan program Jelita pada tahun ini setelah pada bulan Maret lalu dilaksanakan untuk pertama kalinya di SD Negeri 011 Pondok Bambu.

Sebanyak 132 murid yang berasal dari kelas 4 dan 5 mengikuti kegiatan yang terdiri dari bimbingan pemustaka, membaca nyaring (Read Aloud), sulap edukatif, pencetakan kartu keanggotaan, dan juga pojok baca yang tersedia bagi peserta. Kegiatan dimulai pukul 9 pagi hingga 12 siang WIB. Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan adalah membaca nyaring (Read Aloud), di mana para siswa diberikan pengetahuan  mengenai cara membaca buku yang baik sekaligus menarik. Pengenalan membaca nyaring ini bertujuan agar merangsang kemampuan dan kepercayaan diri pada murid serta melatih untuk membaca dalam kelompok.

Selain itu, bimbingan pemustaka juga menjadi sajian rutin pada kegiatan Protap Jelita ini. Kegiatan ini ditujukan agar para murid dan guru mengetahui beragam bahan bacaan yang bisa dimanfaatkan melalui perpustakaan sehingga diharapkan minat baca dapat tumbuh pada diri. Tidak hanya itu, pojok baca juga disediakan juga menjadi tempat yang ramai dikunjungi, memungkinkan para siswa untuk menikmati berbagai judul buku secara langsung. Bagi para guru dan pegawai sekolah diberikan fasilitas cetak kartu keanggotaan Perpusnas yang sangat berguna untuk mencari bahan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Sulap literasi menjadi acara puncak pada kegiatan protap Jelita. Beragam trik dan atraksi diperagakan oleh Ayah Daffa, mulai dari meja terbang, kelinci di dalam topi hingga koin menghilang. Para murid dan guru antusias menonton pertunjukan sambil mengucapkan kata ajaib, “Dengan membaca, pasti bisa”. Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir dan video testimoni kegiatan protap Jelita dari murid dan guru.