Berita pujasintara

Layanan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi bersama Politeknik Negeri Batam

Image

Today is a reader, tomorrow is going to be a leader demikianlah sepenggal kalimat inspirasi dari Pudir 1 Bidang Akademik pada kegiatan Bimbingan pemustaka online bersama Politeknik Negeri Batam hari Jumat tanggal 5 November 2021. Ya dengan membaca merupakan upaya menguatkan ilmu pengetahuan. Pemimpin yang berhasil itu ketika senantiasa memiliki kemampuan membaca dengan baik. Karena membaca erat kaitannya dengan kemampuan literasi seseorang. Kemampuan literasi adalah ujung tombak bagi setiap orang untuk bisa menggali ilmu pengetahuan yang selanjutnya dapat diasah untuk pola pikir kita, membangun knowledge, terus berkembang kearah yang lebih baik.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Pustakawan ahli Utama Perpustakaan Nasional RI Ibu Fathmi dalam sambutannya menekankan kepada pentingnya memiliki kemampuan literasi dalam arus informasi yang masuk. Kemampuan literasi dibutuhkan agar informasi yang diterima adalah informasi yang bermanfaat yang bukan bersifat sampah informasi. Selanjutnya sambutan kedua disampaikan oleh Pudir 1 Bidang Akademik dalam sambutannya Ahmad Riyad Firdaus menekankan pada budaya baca yang yang dimiliki negara – negara maju didunia. Berdasarkan pengalamannya membaca sudah merupakan kebiasan ketika menunggu baik di kereta, bis maupun moda transportasi lainya. Tidak heran kenapa jepang menjadi negara maju karena kebiasaan membacanya cukup tinggi.

cara selanjutnya yakni sosialisasi pemanfaatan koleksi digital perpusnas Indonesia Onesearch dan iPusnas. Arieni memaparkan secara runut tahapan mengakses iPusnas, mulai dari cara mendaftar sampai menggunakan fitur bookmark sebagai pengingat halaman buku pada aplikasi iPusnas. Semua dijelsakan secara sederhana dan jelas. Selain itu peserta juga diajak mempraktekkan cara mengakses Indonesia Oneserach dan iPusnas.

Selanjutnya paparan mengenai keanggotaan dan e-resources disampaikan oleh Yuli Maryani. Peserta dibimbing secara virtual mendaftar menjadi anggota Perpustakaan sehingga dapat mengakses e-book dan e-journal yang dilanggan Perpustakaan Nasional melalui e-resources. Beliau juga mempraktekkan cara mengaksesnya secara bertahap. Bagi para sivitas akademika jika ingin bergabung seperti Politeknik Negeri Batam dapat mengirimkan surat melalui [email protected], Salam Sehat dan Salam Literasi