Berita pujasintara

Layanan Referensi Virtual Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

Image

Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpustakaan Nasional RI berhasil memperpanjang sertifikat ISO 9001:2015 yang sudah diraih sejak tahun 2018. Penerapan standar ISO ini dilakukan untuk memastikan bahwa layanan-layanan yang berada di Pujasintara dapat memberikan pelayanan secara prima kepada pemustaka. Pada tahun 2021 ini ada tujuh layanan yang melakukan resertifikasi ISO yaitu layanan keanggotaan, layanan koleksi rujukan dan ilmu perpustakaan, layanan naskah nusantara, layanan koleksi berkala, layanan audio visual, layanan anak,dan layanan buku langka, serta dua layanan baru yang mengajukan sertifikasi ISO yaitu layanan foto, peta & lukisan, dan layanan referensi virtual.

Setelah dilakukan audit eksternal kemudian ditetapkan bahwa semua layanan yang diajukan berhak mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 termasuk layanan referensi virtual. Sertifikat ISO 9001:2015 bagi layanan referensi virtual merupakan sebuah prestasi karena layanan ini masih sangat baru. Layanan referensi virtual mulai melakukan uji coba layanan pada Rabu, 17 Maret 2020 pukul 16:00-18:00 WIB. Setelah uji coba tersebut, mulailah layanan referensi virtual hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu menjawab kebutuhan referensinya secara realtime melalui aplikasi chat yang tersedia di laman perpusnas.go.id. Selama tahun 2021, layanan referensi virtual telah melayani 13073 pemustaka yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai macam pertanyaan dan topik yang ditanyakan.

Sertifikat ISO 9001:2015 yang diberikan kepada layanan referensi virtual adalah untuk standar respon pertama sejak pertanyaan pertama masuk sebesar lima menit. Jadi ketika pemustaka mengajukan pertanyaan lewat fitur chat di laman perpusnas.go.id pustakawan Perpusnas memiliki waktu maksimal lima menit untuk menerima dan melayani pemustaka tersebut. Secara rata-rata, waktu respon pertama pustakawan terhadap pertanyaan pemustaka tahun 2020 adalah 1 menit 28 detik. Tentunya catatan angka ini merupakan bukti bahwa layanan referensi virtual dapat cepat dan tanggap dalam merespon pertanyaan yang diajukan oleh pemustaka.

Raihan sertifikat ISO 9001:2015 di layanan referensi virtual merupakan bukti bahwa layanan referensi virtual Perpusnas RI siap memberikan layanan prima secara cepat dan tanggap pada setiap pertanyaan dan kebutuhan yang diajukan pemustaka. Hadirnya layanan ini juga memudahkan masyarakat Indonesia dimanapun berada untuk mencari referensi, berkonsultasi, dan berinteraksi langsung dengan pustakawan Perpusnas dimanapun berada.