Berita pujasintara

Layanan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi bersama SMAS Kristen Villa Taman Bandara

Image

Penanaman literasi informasi harus sudah ditanamkan sedini mungkin di usia sekolah sebagai modal dasar bagi para siswa dalam menjawab tantangan di era informasi. Sejalan dengan itu, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan kelas literasi dalam bingkai layanan bimbingan pemustaka online bersama SMAS Kristen Villa Taman Bandara. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari berturut – turut dimulai pada hari Senin 30 Agustus 2021 sampai dengan 2 September 2021.

Hari Pertama para siswa diperkenalkan mengenai Perpustakaan dan layanan yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa untuk menunjang kegiatan eksplorasi dan kreatifitas. Peserta dijelaskan mengenai layanan, koleksi dan fasilitas Perpustakaan nasional. Hari pertama dibawakan oleh Ariena Delia Sari selaku pustakawan, membimbing para peserta mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional. Penjelasan mengenai cara menelusus koleksi menggunakan katalog online (OPAC) serta fitur virtual card disampaikan dengan baik oleh beliau.

Tema Hari Kedua yakni Hoax it’s not my type. Para siswa mendapatkan edukasi dalam mendeteksi berita palsu sehingga diharapkan para siswa tidak menjadi korban hoaks atau penghubung dari berita hoaks. Dihari kedua para siswa dijelaskan jenis – jenis berita hoaks dan ciri – cirinya serta cara deteksi berita hoaks. Diakhir pemaparan, Sutrilastio selaku narasumber memberikan tips agar terhindar dari berita hoaks salah satunya adalah dengan banyak membaca dan memanfaatkan perpustakaan.

Hari Ketiga para siswa diperkenalkan aplikasi untuk membaca buku digital di iPusnas. Para peserta langsung dibimbing untuk menginstal aplikasi dan mendaftar menggunakan akun facebook atau email. Ibu Yuli Maryani selaku narasumber membimbing para siswa secara bertahap untuk menelusur koleksi dan membaca buku di Aplikasi iPusnas.

Hari Keempat merupakan hari terakhir rangkaian acara kelas literasi dengan materi penelususran informasi bahan bacaan atau bahan rujukan melalui sumber – sumber informasi terbuka yang bisa diakses para siswa diantaranya, eresources perpusnas, DOAJ, DOAB, Google Scholar dan Garuda RistekBrin.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui virtual zoom meeting dan live streaming melalui kanal Youtube WBS Radio Perpusnas. Terima kasih kami sampaikan kepada para Siswa, dewan guru dan Kepala Sekolah SMAS Kristen Villa Taman Bandara atas kerja samanya. Kami pun mengundang kepada para pelajar dan tenaga pendidik disekolah masing – masing diseluruh Indonesia untuk mengadakan kelas literasi sekolah dengan menghubungi unit layanan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi melalui email: [email protected]. Kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya. Mari kita tanamkan literasi informasi sejak dini, Salam Sehat Salam Literasi.