Berita pujasintara

Perpusnas Gelar Workshop Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Mobile

Image

Medan Merdeka Selatan-Jakarta. Di era industri 4.0, desain grafis menjadi suatu keahlian yang spesial karena saat ini simbol desain grafis membuat pesan lebih kuat dibanding bahasa serta memancing sisi emosional orang yang melihatnya. Kemampuan desain grafis menjadi nilai tambah seseorang dan memberi peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan. Hal ini selaras dengan program Perpusnas RI, yakni transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, dengan memfasilitasi masyarakat melalui kegiataan pelatihan keterampilan, untuk meningkatkan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. Perpusnas RI mewujudkannya dengan menyelenggarakan workshop desain grafis menggunakan Canva Mobile yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Perpusnas ke-43.


Workshop Desain Grafis menggunakan Aplikasi Canva Mobile diselenggarakan secara luring di Gedung Layanan Perpusnas RI Ruang Serbaguna (Lantai 4) dan secara daring melalui kanal Youtube Perpusnas RI dan Pujasintara Perpusnas RI selama dua hari (20/6-21/6) dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Mutiara Hidayati (Champion Canvassador) dan Alissa Fatma (Canva Creator). Workshop diikuti oleh 150 orang peserta dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, pelaku usaha, dan profesi lainnya baik yang sudah kategori mahir maupun awam dalam menggunakan aplikasi Canva.


Aplikasi Canva merupakan aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya yang mulai diluncurkan tahun 2013 dan saat ini sudah digunakan oleh sekitar 100 negara. Diharapkan, setelah adanya workshop ini, para peserta dapat membuat sebuah desain grafis yang menarik untuk berbagai keperluan seperti edukasi, promosi produk, dan lainnya. Dalam membuat suatu desain, hal penting yang harus diperhatikan adalah apa informasi yang ingin disampaikan dalam suatu desain, penyampaian produk knowledge dengan kalimat yang lugas, penggunaan berbagai elemen desain, komposisi huruf dan warna serta konsep gelap-terang sehingga menjadi sebuah desain yang menarik dan nyaman dipandang.