Berita pujasintara

Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Perpusnas Gelar Workshop Merajut

Image

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kunjung Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI melangsungkan kegiatan Workshop Merajut yang dilaksanakan secara on site pada Kamis, 31 Agustus 2023 di Ruang Serbaguna Lantai 4 Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11 Jakarta Pusat. Workshop ini diselenggarakan oleh Layanan Lansia dan Disabilitas Perpusnas, Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Tujuan diadakannya Workshop ini tentunya diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan pemustaka Lansia dalam mengisi kegiatan masa tua yang menarik dan bermanfaat. Lebih lanjut, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sejalan dengan program Perpusnas yaitu Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di mana kegiatan ini difokuskan untuk menjadi sarana dalam mengembangkan fungsi dan peran perpustakaan dalam memberikan pelayanan sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna Perpustakaan. 


Workshop ini dibuka oleh sambutan dari Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Bapak Agus Sutoyo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Kami memberikan peluang untuk masyarakat untuk bisa berkegiatan di Perpusnas, kami fasilitasi kegiatan, bukan hanya terkait sirkulasi peminjaman buku, tetapi saat ini Perpustakaan Nasional dan seluruh Perpustakaan yang ada di Indonesia sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih luas lagi, tidak hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan informasi dan peminjaman koleksi, tetapi juga kita perluas dengan berbagai kegiatan yang bisa memberikan kemampuan masyarakat untuk bisa berliterasi dalam berbagai bentuk dan dalam berbagai kegiatan.”


Kegiatan Workshop Merajut ini dihadiri oleh 150 orang peserta dari berbagai kalangan tidak hanya terbatas Lansia saja, Workshop ini menghadirkan narasumber dari tiga orang dosen/pengajar dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yaitu, Siti Indriani C, Lastio Lubis dan Eky Ario. Selain diadakan secara on site, Workshop ini juga ditayangkan secara Live di kanal YouTube Pujasintara Perpusnas. Pada akhir acara, peserta Workshop juga mendapatkan e-sertifikat dari Workshop Merajut.