Berita pujasintara

Ask A Librarian, Ruang Bertanya Sumber Penelitian Sejarah

Image

1 Juli 2021 – Prodi Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Kuliah kerja Lapangan (KKL)setiap tahun. Kondisi pandemi tidak menjadikan kegiatan KKL terhenti. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mejadi solusi untuk pelaksanaan KKL melalui aplikasi Zoom. Perpustakaan Nasional setiap tahunnya selalu menjadi tempat yang dikunjungi dalam kegiatan KKL.

Pada kesempatan KKL tahun 2021, Prodi Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta kembali berkunjung ke Perpustakaan Nasional. Hanya saja, di tahun 2021, KKL diselenggarakan secara online. Subkoordinator Layanan Referensi, Monograf, Berkala Mutakhir, dan Multimedia, Arief Wicaksono yang mendapatkan tugas dari Perpustakaan Nasional untuk mendampingi mahasiswa pada kegiatan KKL daring yang diselenggarakan pada 1 Juli 2021.

Pada kesempatan sharing tentang sumber penelitian sejarah di Perpustakaan Nasional, dikenalkan terkait koleksi:

Arief Wicaksono menyatakan seluruh koleksi tersebut sebagian sudah tersedia di web khastara.perpusnas.go.id secara digital. Dengan demikian mahasiswa dapat mengakses koleksi sejarah Perpustakaan Nasional tanpa perlu datang ke Jakarta. Untuk literatur lain juga dapat diperoleh melalui iPusnas dan e-resources. Bahkan dengan adanya layanan tanya pustakawan atau ask a librarian, mahasiswa dapat berinteraksi dengan pustakawan referensi untuk mendapatkan sumber penelitian yang dibutuhkan.

Selain tanya pustakawan pada koleksi khusus tersebut, mahasiswa dapat juga bertanya melalui chat di portal perpusnas.go.id atau email [email protected]. Ikut menyiapkan bahan paparan yang dipaparkan adalah Arief Wibowo, pustakawan yang bertugas di Kelompok Layanan Penelusuran Informasi Perpustakaan Nasional dan juga tim Penelusuran Informasi. Arief Wibowo sendiri adalah alumni dari prodi sejarah Universitas Negeri Yogyakarta.