Berita pujasintara

JELAJAH LITERASI MELALUI PERPUSTAKAAN DI PAMERAN IIETE 2024

Image

Perpustakaan Nasional turut serta dalam acara Indonesia International Education and Technology Expo (IIETE) yang diselenggarakan di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Acara ini berlangsung selama empat hari dari tanggal tanggal 22 hingga 25 Februari 2024. IIETE merupakan pameran tahunan mengenai pendidikan tinggi dan pelatihan keterampilan, yang diikuti oleh puluhan universitas, sekolah tinggi kedinasan hingga lembaga pendidikan non formal. Peserta kegiatan pameran pun adalah pelajar SMA dan sederajat yang sedang mempersiapkan jenjang pendidikan selanjutnya. 


Pada kesempatan kali ini, Perpusnas membawa tema "Jelajah Literasi Melalui Perpustakaan". Tema ini diangkat sebagai cara untuk mempromosikan ragam koleksi dan layanan yang dimiliki, seperti koleksi buku, surat kabar langka, majalah, naskah kuno, foto, peta, lukisan, aplikasi baca buku digital, serta materi berharga lainnya yang dapat diakses oleh masyarakat. Antusias pengunjung ditunjukkan saat melihat replika koleksi naskah yang dibawa oleh Perpusnas. Pustaha Lak Lak, Hikayat Aceh, dan Negarakretagama adalah tiga replika yang dibawa pada pameran kali ini. Perpusnas juga rutin menyediakan layanan keanggotaan di setiap acara pameran yang diikuti. Layanan ini sangat bermanfaat dan menjadi salah satu daya tarik pengunjung pameran karena dengan mudah memiliki kartu keanggotaan tanpa harus datang ke gedung layanan Perpusnas di Medan Merdeka Selatan. Syaratnya cukup mengisi data diri di formulir online yang telah disediakan kemudian melakukan pengambilan foto dan pencetakan kartu. “Alhamdulillah bisa dapet kartu anggota Perpusnas di sini. Sudah lama pengen main ke sana, tapi belum sempet. Lumayan bisa daftar di sini, gratis juga. Jadi nanti tinggal main aja ke sana tanpa perlu buat kartu anggota lagi,” tutur Itsbat pengunjung pameran yang berasal dari SMAIT Thariq bin Ziyad. Dengan cara ini, Perpusnas ingin menunjukkan bahwa akses ke pengetahuan dan literasi tidak hanya terbatas pada ruang perpustakaan, tetapi dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja.


Partisipasi Perpusnas dalam IIETE 2024 diharapkan dapat membangkitkan minat masyarakat untuk berkunjung langsung ke Perpusnas dan menikmati layanan serta fasilitas yang telah disediakan. Dengan lebih mengenal perpustakaan, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dalam memperluas pengetahuan dan meningkatkan kemampuan literasi di Indonesia.