Berita pujasintara

LibTalks! Diskusi Pustakawan

Image

Layanan Koleksi Rujukan dan Koleksi Ilmu Perpustakaan, mengadakan sharing dan diskusi secara daring dalam acara LibTalks! yang diselenggarakan pada Kamis, 19 November 2020 via zoom meeting. acara LibTalks! kali ini mengusung tema “Librarian Career Path 2020” Sharing Perjalanan karir Sebagai Pustakawan, tema diskusi ini mengenai pengalaman Pustakawan memulai berkarir di perpustakaan. Memberikan gambaran dan motivasi kepada para mahasiswa dan calon-calon pustakawan untuk berkarir di perpustakaan, apa saja hambatan, tantangan dan cita-cita yang dapat diraih, bagaimana jalan pekerjaan dan kegiatan sebagai pustakawan. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Koordinator Kelompok Substansi Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Perpustakaan Ibu Yuliarti Bunga, S.IPI, memberikan arahan jalannya acara diskusi hari ini serta harapannya agar kegiatan diskusi tentang ilmu perpustakaan ini dapat berlangsung secara rutin kedepannya. 

Acara ini dipandu oleh Ayu K Putri, selaku Pustakawan Layanan Koleksi Rujukan dan Koleksi Ilmu Perpustakaan dengan narasumber utama Yustin Nesti C, S.IP&Info., M.IKom yang membagikan pengalamannya selama bekerja sebagai pustakawan di Perpustakaan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang atau sering di singakat dengan Polbangtan Malang. Yustin membagikan cerita diawali dengan tantangan yang diperoleh setelah lulus kuliah di Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga, serta pengaplikasian ilmu pada dunia kerja yang seringkali tidak sesuai dengan apa yang dipelajari. Lebih lanjut Yustin menceritakan bahwa walaupun pustakawan mempunyai jenjang dan tingkatan jabatan fungsional, namun di lapangan pekerjaan seringkali melewati batas-batas jenjang tersebut apalagi di perpustakaan memiliki tenaga yang minim dan lagi tidak mempunyai latar belakang ilmu perpustakaan.

Diskusi dan sharing pengalaman ini, juga berlangsung interaktif dengan peserta dengan kehadiran mencapai 829 dari seluruh Indonesia, ikut serta membagikan pengalaman sebagai pustakawan, dinamika tantangan dan hambatan yang dialami. Keadaan yang seringkali tidak ideal, tetapi kawan-kawan pustakawan maupun yang berkecimpung dengan perpustakaan mau mengembangkan perpustakaan dan peduli dengan para pemustakanya.

Diakhir diskusi ini narasumber memberikan semangat kepada pustakawan dan para calon pustakawan agar kita tidak perlu khawatir dengan tantangan global, serta adanya informasi yang mengatakan bahwa perpustakaan akan hilang 10 tahun kedepan. Dengan adanya pandemi ini kita sebagai pustakawan, malah membuktikan saat perubahan jaman perpustakaan tetap hadir dengan inovasi layanan yang baru setiap hari.