Berita pujasintara

TIPS DAN TRIK PENELUSURAN KOLEKSI MAJALAH LANGKA PERPUSNAS

Image

Koleksi majalah langka di Perpustakaan Nasional merupakan terbitan yang berasal dari berbagai negara, bukan hanya terbitan Indonesia saja tetapi juga mancanegara. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan pun beragam sesuai dengan tempat terbitnya (negara). Setiap majalah memiliki ciri khas tersendiri dari subjek yang disajikan dalam rubrik dan tulisan serta sudut pandang yang digunakan dalam menulis artikel. Subjek pokok dalam majalah menjadi fokus utama dalam membuat tulisan yang dimuat didalamnya. Sudut pandang yang dihadirkan dalam ulasan atau rubrik di majalah bisa dianggap mewakili ide atau gagasan  kelompok atau lembaga tertentu. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk menelusur koleksi majalah langka perpusnas:


  • Penelusuran melalui website Khastara

Untuk melakukan penelusuran koleksi majalah langka perpusnas, sebagai langkah awal pemustaka bisa mengakses website khastara.perpusnas.go.id. Di Khastara pemustaka bisa mengakses berbagai jenis koleksi seperti Naskah Kuno, Buku Langka, Peta, Mikro Film, Foto Gambar & Lukisan, Majalah & Surat Kabar Langka, serta Sumber Lainnya yang sudah didigitalkan. Koleksi yang ada di khastara tersedia  dalam bentuk pdf dan flip book, bisa didownload dan gratis tanpa dipungut biaya. Dengan cara ini pemustaka bisa menghemat waktu, uang dan tenaga untuk mengakses koleksi yang dibutuhkan. Ketersediaan majalah langka yang sudah didigitalkan dan tersedia di Khastara akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Apabila tidak menemukan koleksi majalah langka yang dibutuhkan tidak perlu khawatir, langsung simak tips yang ke-2.


  • Penelusuran melalui katalog online Perpusnas

Katalog Online Perpusnas memuat berbagai sumber dan jenis koleksi. Untuk melakukan penelusuran melalui katalog online atau OPAC (Open Public Access Catalog) silakan kunjungi opac.perpusnas.go.id. Penelusuran bisa dilakukan dengan menggunakan kata kunci baik itu Judul, Pengarang, Subjek dan lain – lain. Untuk hasil lebih spesifik gunakan filter Terbitan Berkala  saat melakukan penelusuran. Perlu diperhatikan bahwa Nomor Panggil atau Call Number koleksi majalah langka selalu diawali dengan salah satu huruf A – P, contoh B : – 850 adalah Nomor Panggil untuk Majalah Soeara Muhammadijah. Perhatikan juga ejaan kata kunci yang digunakan saat menelusur karena koleksi majalah langka berbahasa Indonesia mayoritas menggunakan ejaan lama seperti “oe”, “tj”, “dj” dan lain – lain. Selain ejaan, penggunaan istilah sebagai kata kunci juga penting diperhatikan, misalnya kota Cirebon dalam tulisan zaman dahulu adalah Cheribon, bea cukai istilah jaman dulu adalah pabean. Apabila melakukan penelusuran majalah langka berbahasa Indonesia terbitan lama namun menggunakan kata kunci dengan ejaan baru kemungkinan hasilnya tidak ditemukan. Bahasa juga mempengaruhi hasil pencarian kata kunci, apabila tidak menemukan koleksi yang dicari dengan kata kunci dalam bahasa Indonesia bisa diganti dengan bahasa Inggris atau Bahasa Belanda ataupun yang lainnya. OPAC Perpusnas bisa diakses kapan saja dan dimana saja sehingga pemustaka bisa memeriksa ketersediaan majalah yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum berkunjung. Catat dengan baik nomor panggil dan judul majalahnya agar mudah saat akan melakukan permintaan peminjaman (baca di tempat) kepada pustakawan.


  • Penelusuran Menggunakan Katalog Manual

Layanan Majalah Terjilid menyediakan katalog manual khusus terbitan Indonesia dengan kode nomor panggil B. Katalog ini disusun secara alfabetis judul majalahnya. Katalog ini sangat berguna untuk menelusur majalah yang terbit di Indonesia. Berbeda dengan penelusuran melalui katalog online yang bisa menampilkan majalah dari semua negara, di katalog ini fokus kepada terbitan Indonesia. Selain itu, katalog manual ini juga sangat bermanfaat apabila apabila terdapat gangguan atau sistim sedang error, gangguan jaringan internet maupun kendala listrik padam karena katalog ini tidak bergantung pada itu semua. Katalog ini bisa diakses ketika berkunjung langsung di Layanan Majalah Terjilid.


  • Penelusuran Menggunakan Literatur Sekunder

Penelusuran melalui literatur sekunder sangat membantu apabila pemustaka ingin menelusur majalah dengan topik – topik tertentu. Sudah tersedia beberapa literatur sekunder seperti indeks beranotasi yang dilengkapi dengan judul artikel, edisi dan juga anotasi dari artikel yang dimuat di majalah. Indeks artikel beranotasi ini akan memudahkan pemustaka ketika menelusur artikel yang ada di majalah. Selain indeks beranotasi ada juga katalog khusus yang disusun berdasarkan subjek misalnya katalog antropologi yang memuat terbitan – terbitan tentang antropologi.


  • Memastikan tanggal peristiwa

Seringkali pemustaka yang melakukan penelusuran informasi di majalah langka tujuannya untuk mendapatkan data dari berita – berita yang diterbitkan saat peristiwa tertentu terjadi. Memastikan tanggal terjadinya suatu peristiwa dapat membantu untuk melakukan penelusuran majalah apabila tidak ada informasi awal judul majalah apa yang harus diakses. Berita – berita yang dimuat di majalah merupakan isu – isu hangat saat itu sehingga dengan memastikan tanggal kejadian peristiwa dapat menjadi petunjuk dalam melakukan penelusuran. Majalah – majalah yang terbit pada kurun waktu yang berdekatan dengan terjadinya sebuah peristiwa tertentu kemungkinan besar memuat informasi tentang peristiwa tersebut. Kurun waktu peristiwa tersebut dapat menjadi pentunjuk dalam melakukan penelusuran koleksi majalah langka.


Demikian beberapa tips dan trik penelusuran majalah langka koleksi Perpusnas. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi petunjuk serta memudahkan dalam melakukan penelusuran majalah langka di perpusnas. Terimakasih telah membaca, selamat mengaplikasikan tips dan trik dari kami. Jangan ragu untuk bertanya atau meminta bantuan kepada pustakawan di Layanan Majalah Terjilid apabila mengalami kesulitan, kami akan membantu dengan senang hati. Salam sehat dan salam literasi.