Berita pujasintara

Memantik Literasi di Bumi Cantik

Image

Promosi Keanggotaan dan Koleksi Digital Perpustakaan Nasional RI

Palangka Raya- Kegiatan promosi dalam sebuah perpustakaan sangat diperlukan untuk mengenalkan dan menyebarluaskan informasi kepada pelbagai kalangan. Perpustakaan Nasional menggandeng pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah dalam peningkatan indeks literasi masyarakat dengan mengadakan penandatanganan nota kesepahaman Perpustakaan Nasional RI dan peresmian gedung layanan perpustakaan Kota Palangka Raya.

Acara peningkatan indeks literasi masyarakat di Kalimantan Tengah diisi dengan talkshow serta penandatanganan nota kesepahaman antara Perpusnas RI dengan 11 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini menghadirkan H. Sugianto Sabran Gubernur Kalimantan Tengah sebagai Keynote Speaker dan Narasumber Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, Kepala Perpustakaan Nasional RI, H. Muhammad Rakhman, SE., ST Wakil Ketua Komite III DPD RI, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag., Rektor IAIN Palangka Raya, Yulistra Ivo Azhari Sabran, Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah.

Layanan Keanggotaan Perpustakaan Nasional RI turut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan cara promosi layanan digital yang dimiliki oleh Pusat Jasa Informasi dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Layanan digital yang disosialisasikan kepada masyarakat seperti Ipusnas, e-resoucesiosvirtual card, dan keanggotaan online yang merupakan koleksi unggulan apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Pencetakan dan promosi layanan digital dilakukan selama 3 hari mulai dari tanggal 1 Mei 2021 sampai dengan tanggal 3 Mei 2021 yang berlokasi di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan dan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah Jl. Ade Irma Suryani Nasution Nomor 11 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pustakawan yang melayani dalam kegiatan promosi ini adalah sebanyak 3 orang pustakawan sedangkan pemustaka yang menerima manfaat merupakan masyarakat Kalimantan Selatan dari berbagai lapisan masyarakat seperti mahasiswa, pelajar, dosen serta masyarakat umum.

Capaian dari sosialisasi keanggotaan dan layanan digital adalah berhasil menjaring sebanyak 442 anggota baru, pencetakan kartu anggota sebanyak 155 anggota, sosialisasi layanan online sebanyak 287 orang. Pemustaka yang mencetak kartu dan menerima sosialisasi layanan digital didominasi oleh perempuan yaitu sebanyak 62% dan laki-laki sebanyak 38%. Proses promosi dan pencetakan kartu anggota Perpustakaan Nasional sempat terkendala dengan gangguan jaringan internet sehingga tidak semua pemustaka mendapat layanan secara maksimal. Setelah gangguan internet pulih baru proses promosi dan pencetakan kartu berjalan lancar.