Berita pujasintara

Menulis, Cara Untuk Dikenal

Image

22 Juni 2021 – Suprawoto, Bupati Magetan menjadi salah satu pembicara pada Writers Festival yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional pada tanggal 14-18 Juni 2021. Suprawoto dikenal sebagai penulis aktif sebelum dan bahkan sampai saat menjadi Bupati. Suprawoto dapat menjadi contoh bagi kita semua, khususnya pustakawan untuk menulis.

Konsep Suprawoto atas menulis terungkap pada Surat Kabar Jawa Pos, 22 Juni 2021. “Karena saya tidak mempunyai siapa-siapa, saya harus dikenal. Cara mengenalkan diri dengan elegan salah satunya dengan menulis.” Demikian ungkapnya. Bagi pustakawan menulis akan mendapatkan angka kredit dan sekaligus dapat mengenalkan dirinya pada masyarakat dan dunia.

Dalam tulisan tersebut, Suprawoto yang sempat menjabat sebagai eselon I di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada usia 47 tahun tulisannya menutup dengan menyatakan, “Menulis menunjang karier.” Hal ini mengingatkan kita pada yang terjadi di Perpustakaan Nasional. Perpustakaan Nasional menjadikan staf Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara yang pernah menulis di Buletin IFLA dengan judul Online Library Service of National Library of Indonesia to Educate People Facing Coronavirus Pandemic mendapat perhatian dari Kepala Perpustakaan Nasional dan mendapatkan kesempatan untuk menjadi Subkoordinator di Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Minat Baca.

Berikut ini adalah tulisan Supranowo: 

https://old-pujasintara.perpusnas.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Bupati-Menulis-22-Juni-2021.pdf