Berita pujasintara

Perpustakaan Sekolah Merupakan Ruang Pengembangan Literasi

Image

30 Juni 2021 – SMP Angkasa merupakan SMP yang berada dibawah Yayasan Ardhya Garini (Yasirini). Yasarini sebagai lembaga sosial berbadan hukum bergerak dibidang pendidikan lahir sebagai perpanjangan tangan PIA Ardhya Garini dalam mengelola sekolah-sekolah angkasa yang sudah ada jauh sebelum Yasarini dibentuk. Dalam rangka menyiapkan pembelajaran, diadakan Rapat Koordinasi SMP Angkasa dengan mengambil tema “DIGITALISASI SEKOLAH ANGKASA MENUJU PEMBELAJARAN BEBAS RUANG DAN WAKTU”. Di awal Rapat Koordinasi diundang narasumber untuk memberikan masukan terkait SMP Angkasa.

Subkoordinator Layanan Referensi, Monograf, Berkala Mutakhir, dan Multimedia, Arief Wicaksono yang mendapatkan tugas dari Perpustakaan Nasional pada kegiatan ini menyatakan perpustakaan sekolah harus mampu menjelma menjadi:

  1. “Ruang” belajar kontekstual
  2. “Ruang” pengembangan literasi


Perpustakaan sekolah tidak berhenti pada menyediakan koleksi kepada siswa, namun harus mampu menjadi tempat siswa mengembangkan kompetensi literasinya. Literasi menjadi salah satu kemampuan dasar yang penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa. Literasi akan memberikan modal kepada siswa penjadi individu pembelajar sepanjang hayat.