Berita pujasintara

Talkshow literasi dengan tema “Journaling pada anak: Meningkatkan kemampuan menulis dan kreativitas”

Image

Medan Merdeka Selatan - Perpustakaan Nasional RI memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023 dengan menyelenggarakan kegiatan Promosi Layanan Melalui Sahabat Perpusnas dalam bentuk talkshow literasi dengan tema “Journaling pada anak: Meningkatkan kemampuan menulis dan kreativitas, diselenggarakan di Lantai 4 Gedung Serbaguna Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat, hari senin, tanggal 24 Juli 2023. Talkshow dihadiri oleh 175 peserta yang terdiri dari anak sekolah usia 9 - 15 tahun, mahasiswa, guru, pustakawan dan pegiat literasi.


Talkshow di buka oleh MC kemudian Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara memberikan sambutan. Upaya-upaya kegiatan literasi anak sudah sering dilakukan Perpusnas melalui kegiatan - kegiatan literasi di Layanan Anak, Pujasintara, Perpusnas, diantaranya dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, yang diperingati setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya, diadakan kegiatan talkshow literasi. Tahun ini talkshow mengangkat tema kepenulisan anak, berupa penulisan journaling dan manfaatnya bagi pengembangan literasi maupun dari dari aspek psikologisnya pada perkembangan anak. 


Talkshow di moderatori oleh Putri Utami salah seorang Pustakawan di Perpustakaan Nasional. Narasumber yang dihadirkan adalah Ibu Dr. Dyah R. Sugiyanto, C.PR, Koordinator Engngement Kompetensi Nasional dari Badan Riset Intelijen Nasional (BRIN) sekaligus Founder KOWA_story. Ibu Dyah adalah seorang ASN yang memiliki peminatan pada public relations, seni dan publik speaking. Beliau juga seorang founder komunitas Kowa_story yang mendalami tentang public speaking anak, story telling dan jurnalis anak.


Ibu Dyah sangat aktif dan berpengalaman dalam dunia publik speaking dan literasi. Selain itu beberapa kali mempublikasikan karya ilmiah, buku dan artikel. Ibu Dyah memaparkan bahwa pentingnya kemampuan publik speaking seorang anak agar mereka dapat mengenal dan mengembangkan kompetensi dirinya. Publik speaking yang baik dan berkualitas di dukung dengan kepenulisan berita dalam menyampaikan pesan. Seorang jurnalis anak dapat menambah wawasannya dalam menulis berita dengan banyak membaca atau berliterasi di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Keterampilan dalam menulis berita, pengalaman pribadi, kegiatan keseharian dapat dituliskan juga dalam jurnal harian anak dan dilakukan secara rutin dalam bentuk aktivitas journaling.