Berita pujasintara

Diskusi Naskah Nusantara Seri ke-15: Iluminasi dalam Naskah-Naskah Nusantara

Image

Diskusi Naskah Nusantara merupakan kegiatan rutin bulanan yang diadakan Perpustakaan Nasional RI (Kelompok Kajian dan Pengembangan Naskah Nusantara) bekerjasama dengan Manassa (Masyarakat Pernaskahan Nusantara). Diskusi kali ke 15 ini membahas tentang “Iluminasi dalam Naskah-Naskah Nusantara” oleh pembicara Dr. Mu’jizah yang merupakan pakar filologi Melayu dan iluminasi, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Ibu Mu’jizah mengatakan bahwa iluminasi merupakan istilah teknis dalam ilmu pernaskahan yang mengacu pada naskah bergambar sebagai hiasan. Gambar-gambar pada naskah tersebut menjadi sangat menarik adanya bukan hanya karena keunikan bentuk dan paduan warna yang indah, namun juga memiliki keterkaitan dengan isi naskah yang layak dikaji juga menarik untuk diteliti.

Menariknya bahasan iluminasi ini juga terbukti dari tingginya antusiasme peserta diskusi kali ini. Kegiatan yang memiliki kuota peserta sebanyak 35 orang ini, dihadiri lebih dari 60 peserta yang terdiri dari para pakar pernaskahan, para akademisi, dan masyarakat umum. Hadir pula Kepala Puslitbang Lektur Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) Dr Muhammad Zain; Ketua Manassa, Bapak Munawar Holil; dan Kepala Bidang Layanan Koleksi Khusus Perpusnas, Ibu Yeri Yunita.

Bagi kalian yang belum sempat hadir namun tertarik untuk mengikuti bahasan ini, sila saksikan di sini