Berita pujasintara

Hari Ketiga, Pengembangan dan Supervisi Layanan Referensi di Perpustakaan Kabupaten Mimika

Image

Pengembangan dan supervisi layanan referensi di Perpustakaan Kabupaten Mimika menginjak hari ketiga, 24 Maret 2022. Yuliatry Bunga, Plt Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, membuka supervisi hari ketiga dengan materi Promosi Layanan Perpustakaan. Layanan perpustakaan perlu diinformasikan seluas-luasnya kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan dan media. Keterinfoan masyarakat atas layanan perpustakaan adalah unsur awal yang membuat masyarakat memanfaatkan layanan perpustakaan. Pemanfaatan media digital menjadi keniscayaan dalam dunia saat ini. Setiap kegiatan dan media perlu ditentukan target sasaran masyarakatnya. Media sosial adalah media yang cocok untuk melakukan promosi layanan perpustakaan untuk kalangan generasi muda. 

Materi dilanjutkan oleh Arief Wicaksono, pustakawan ahli madya Perpustakaan Nasional. Kali ini Arief memberikan sharing terkait kompetensi penelusuran informasi yang menjadi dasar dalam melakukan layanan referensi. Layanan referensi berupa menerima pertanyaan atau kebutuhan informasi dari masyarakat memerlukan penelusuran informasi pada katalog perpustakaan sendiri, katalog perpustakaan lain, atau kumpulan katalog seperti Indonesia OneSearch, Garuda Kemdikbud, e-resources Perpusnas, iPusnas dan sumber informasi lainnya. Pustakawan Perpustakaan Kabupaten mengaku baru mengetahui sumber-sumber informasi tersebut meskipun terdapat yang sudah mencobanya. Misalnya ada yang menyatakan pernah menggunakan iPusnas namun menghapusnya karena buku yang diinginkan tidak ditemukan di iPusnas.

Satu per satu sumber informasi tersebut dibahas. Peserta supervisi diminta untuk mencoba sendiri melakukan penelusuran sampai dengan mengunduh buku atau jurnal yang didapatkan. Salah satu peserta, Ani Gare, ketika berhasil menginstall iPusnas mencoba meminjam buku. Ani menyatakan, “Saya menemukan novel lama yang pernah dibaca waktu saya SMP.” Peserta lain tidak mau ketinggalan ikut menginstall iPusnas dan mencoba melakukan peminajaman buku. Saat melakukan penelusuran di Garuda Kemdibud, digunakan kata kunci Mimika. Ditemukan banyak penelitian dalam berbagai bidang dengan lokus penelitian Mimika.


Reportase: Arief Wicaksono