Berita pujasintara

Kickoff Meeting Survei Kepuasan Pemustaka Tahun 2021

Image

15 April 2021 – Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara berkomitmen untuk terus memperbaiki diri agar memberikan layanan perpustakaan yang prima. Mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan unit pelayanan publik dengan kategori Sangat Baik di tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak menjadikan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara berpuas diri. Salah satu perbaikan diri dilakukan melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat atau Survei Kepuasan Pemustaka.

Di tahun 2021, Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara akan melakukan Survei Kepuasan Masyarakat sebanyak empat kali. Survei Kepuasan ini akan diselenggarakan dengan bekerja sama dengan lembaga independen dari PT Swasembada. Kickoff Meeting Survei Kepuasan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2021 di ruang serbaguna lantai 4 Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Perpusnas. Hadir pada kickoff pustakawan ahli utama di lingkungan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, yaitu Sri Sumekar dan Fathmi. Selain itu juga hadir seluruh Koordinator, Subkoordinator, dan Ketua Kelompok Layanan di lingkungan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara tidak dapat hadir karena masih menjalani Diklat PIM II.

Sri Sumekar, yang sempat menjadi Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum di Pusat Jasa, mengingatkan, “Survei dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Transparan dalam arti hasil survei harus dipublikasikan seluas-luasnya. Akuntabel artinya survei dilakukan dengan prinsip ilmiah yang berlaku.” Sementara Fathmi menyatakan, “Hasil analisis dari survei kepuasan sebaiknya bisa mendalam agar melahirkan rekomendasi yang benar sesuai dengan lapangan.” Dalam Kickoff Meeting dibahas rencana kerja Survei Kepuasan dan instrumen survei yang nanti akan digunakan.