Berita pujasintara

Pameran di Konferensi IFLA 2023

Image

Rotterdam - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) tahun ini kembali berpartisipasi dalam konferensi IFLA ( International Federation of Library Associations and Institutions) ke-88 yang digelar selama 5 hari yakni 21-25 Agustus 2023 di Rotterdam, Belanda.

Konferensi IFLA 2023 mengusung tema “Let’s Work Together, Let’s Library”. Perpusnas pada kesempatan ini mendapat respons positif dan apresiasi dari peserta maupun pengunjung pameran yang terdiri dari kepala perpustakaan, perwakilan lembaga dan parlemen, hingga pegiat literasi perpustakaan dari seluruh dunia.

Pada event tersebut, program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) menjadi topik sentral pembahasan para ahli perpustakaan dan sangat menarik perhatian peserta kongres tahunan itu.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando juga berkempatan menjelaskan bahwa peningkatan indeks literasi di Indonesia berjalan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa yakni eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI, POLRI, dan pegiat literasi.

Selain itu, Syarif Bando menambahkan pembangunan infrastruktur perpustakaan juga dilakukan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

“Adapun upaya yang dilakukan selain pembangunan gedung dintaranya sumbangan koleksi, TIK, mobiler, dan berbagai jenis perpustakaan keliling seperti mobil perpustakaan keliling, motor perpustakaan, perahu pustaka, kuda pustaka, becak pustaka, angkot pustaka, dll,” jelasnya.

Kepala perpusnas juga mengatakan guna mendukung paradigma baru perpustakaan dalam menjangkau masyarakat, Perpusnas menghadirkan Bintang Pusnas, iPusnas, IOS, Khastara, dan konten kreatif yang dibuat oleh pustakawan Perpusnas.